Kamis, 05 April 2012

Cerita dari Ibuku..!!!


Dia selalu bercerita kepada saya kisah masa kecilnya yang begitu pilu karena dia tak hidup dengan orang tua kandungnya.
Kita mulai saja kisahnya,
Awalnya, sebelum dia bercerita dia melihat cara hidup dan sikap saya yang kurang rajin membantu pekerjaan orang tua saya. Kemudian, dia menceritakan tentang kisah masa lalunya kepada saya.
“Neng, Hidupmu sekarang sudah enak. Kenapa kamu jarang terlihat membantu pekerjaan orang tua kamu..??”, tuturnya.
Saya jawab, “Males aja Bu,”
Nih ya, Ibu dulu itu ga enak kaya kamu sekarang ini. Ibu dulu tinggal ga sama orang tua kandung ibu, tapi ibu tinggal sama adiknya bapa ibu. Dia pun Tanya, “Kamu tahu alesannya ibu tinggal sama orang lain..??”
Saya bilang, “Ga Bu, emang orang tua ibu kemana waktu itu..??”
Ibu itu pun menjawab, “ Ibu tinggal sama Bibi ibu karena orang tua ibu pisah kira-kira ketika umur ibu sekitar 9 th. Ibu nya ibu pergi merantau mencari pekerjaan untuk merubah nasib. Bapanya ibu menikah lagi dengan wanita lain. Dan saat itu ibu ikut dengan bapa ibu. Sebelum bapa ibu menikah lagi, ibu memang tinggal dengan bapa ibu. Namun, setelah ia menikah lagi ibu tinggal dengan bibi ibu. Karena dulu bibi selalu bilang kalo ibu tiri itu jahat dan selalu mukul anaknya.”
Akhirnya ibu pun tinggal di rumah adiknya bapa. Ketika itu ibu sudah bekerja sebagai seorang penggunting rumput di perkebunan coklat. Upahnya pun waktu itu hanya sebesar Rp 10.000,00/bulan. Itu pun tidak semuanya ibu yang megang, karena bibi selalu menanyakan dimana bayaran kamu,? Biar bibi aja yang simpan. Kalo dipegang sama kamu nanti habis gak karuan. Uangnya bibi simpan buat jajan kamu sehari-harinya.
Tiap ibu selesai gajihan ibu hanya memegang uang sebesar Rp 2.500,00. Itu harus cuku untuk satu bulan, tapi harga jajanan dulu tidak seperti sekarang. Yang namanya gorengan itu Rp 100,00 dapat 4. 
Terus kalo misalkan ibu pulang kerja dan nyampe rumah ibu ga ngerjain apa2, bibi itu selalu marah dan menggerutu. Meskipun ibu merasa capek, namun ibu tetap harus melakukan pekerjaan rumah. Sekarang sih kalo mau nanak nasi aja enak. Tinggal pake listrik. Beras sudah tersedia, Tapi, ibu dulu susah banget. Dulu ga ada beras yang ada gabah padi itu harus di tumbuk dulu. Setelah di tumbuk, ibu harus memisahkan beras dengan sampahnya. Belum lagi alat yang digunakan untuk memasaknya itu bukan listrik atau kompor, melainkan Hawu (dalam bahasa sunda, karena tidak tau apa bahasa Indonesianya,,,, hehe J). Nah, itu belum selesai, selama memasak ibu harus menunggu di depan hawu tersebut dan meniup apinya kalau padam. Pastinya terbayang, sudah cape ditambah lagi harus meniup api… Hitem kalo selesai masak..
Coba sekarang..!! Misalkan neng di suruh masak nasi kan ga perlu ampe berjam-jam. Cukup dengan 5 menit sampai 10 menit saja sudah selesai bisa main lagi. Bedain sama ibu dulu. Harus niup api, panasa-panas di depan perapian, nungguin apinya supaya ga mati. Eneng ga usah kaya gitu, Selesai nyuci beras langsung masukkan rice cooker sudah… ga apa2 lagi.
Saya Cuma bisa tersenyum dan membayangkan apa yang di bilang si ibu.. heheJ… Dodol..!!!
Iya juga ya… dalam hati saya bilang….. ga usah saya kaya gitu. Toh, sekarang sudah praktis kenapa saya ga mau dan susah kalo di suruh masak nasi..???


Jangan tiru kelakuan saya ya semua nya..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar