Pertama
kali saya duduk di kelas 1 SD saya belajar soal Operasi
pengurangan dan Penjumlahan.
a.
Penjumlahan
Operasinya
itu sampai hitungan ratusan saja. Kalau soal cara menjumlahkannya sih gampang
aja. Soalnya kalo dulu kan belajar hitungan ampe seratus itu pake alat yang
namanya “Sempoa”. Kalau hitungannya Cuma sampai 20 sih masih bisa pake jari
tangan sama kaki.. hehe (bongkar-bongkar rahasia pas kecil). Yang namanya
menjumlahkan itu kan pasti di tambah berapa pun jumlahnya akan bertambah.
Lambang
penjumlahan itu ini (+), kalo dulu saya itu menganggap lambing penjumlahan itu
sebagai angka 1 dan tanda setrip.. Heu,, pasti bingung ya tanda setrip itu
seperti apa..??
Tanda setrip itu ini nih,, (-).. kan kalo di gabung angka 1 dan tanda setrip itu jadi tambah,,, hehe
Tanda setrip itu ini nih,, (-).. kan kalo di gabung angka 1 dan tanda setrip itu jadi tambah,,, hehe
Lucu
juga ya..??!!!
Belajar
penjumlahan itu pas awal masuk ya, pake cara yang biasa . Seperti ini
contohnya:
a.
1+1
= 2
b.
2+2=
4
c.
4+4=
8
d.
8+8=
16
Hehe,,
jadi inget lagu anak-anak yang lagunya itu kaya gitu,,,
Lama-kelamaan
saya itu diajarkan untuk menggunakan penjumlahan yang di tarik ke bawah itu
loh…. Tapi, saya lupa namanya itu apa… heu!! Kita kasih nama penjumlahan menurun aja
ya,, jjhhahahah jadi kaya teka-teki
silang deh,, ada yang mendatar dan menurun… Kalo yang menurun seperti ini nih
bentuknya:
a.
21
20_+
41
b.
79
98_+
177
Untuk
yang (b) caranya itu sedikit berbeda, penjelasannya seperti
ini:
Nah, caranya itu : 1. Lakukan penjumlahan
mulai dari belakang.
2. Hasil dari 9+8 = 17. Nah, angka 7 simpen
di bawah
3. Angka 1 disimpan di atas angka 7 yang
bilangan 79
4. Jumlahkan 1+7+9, nah hasilnya ketauan
kan..??!! itu tuh jumlahnya 17
5. Hasil penjumlahan yang barusan di simpan
di depan angka 7 yang tadi ( hasil dari 9+8)
6.
Dan hasil akhirnya adalah 177… hehe… Horree berhasiilll ….!!!!!
b.
Pengurangan
Setelah
belajar mengenai penjumlahan, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang
cara mempelajari pengurangan. Lambang dari operasi pengurangan itu tanda setrip yang tadi, (-). Namun gak pake angka 1 ya..!!!!
Begini
nih aku dulu belajar pengurangannya:
a. 2-1= 1
b. 5-2= 3
c. 6-4= 2, dan lain-lain lha,, hehe
Selanjutnya,
saya juga belajar pengurangan menurun seperti penjumlahan yang tadi. Namun ada
yang berbeda proses dengan penjumlahan.. yukk Kita lanjut..!!!
Contoh:
1. 20
5_-
15
2.
46
19_-
27
Kita
ambil penjelasan dari contoh nomor 2 saja. Penjelasannya seperti ini:
a.
6
dikurangi 9 itu kan tidak bisa, jadinya yang angka 6 itu minjem 10 dari angka
puluhan yaitu 4. Jadi, sekarang kan bisa dikurangi tuh, 16 dikurangi 9 kan
hasilnya 7, simpen tujuh di bawah sama dengan (=)
b.
Terus
yang angka 4 itu kan nilainya 40, sudah di kurangi 10 kan,, jadi nilainya
sekarang itu 30. Tulis lah di atas angka 4 itu angka 3,
c.
Untuk
yang selanjutnya, operasikan 3 dikurangi 1, ingat,,!!! Angka 4 tadi kan udah
dikurangi 1, jadi sekarang nilaninya itu 3… 3 dikurangi 1 hasilnya 2,
simpan/tulis angka 2 itu di depan angka 7.
Heu,,
Lumayan cape juga nih nulis segini,,, padahal masih pengen nulis ih,,, Di
sambung besok saja ya,, dan Postingan untuk besok saya akan berbagi tentang Perkalian dan pembagian.
Tunggu
lah episode Selanjutnya…. hehe
yang punya blog cantik ya, makasih ya ilmunya
BalasHapus