Rabu, 21 Maret 2012

Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas 1 SD


Pertama kali saya duduk di kelas 1 SD saya belajar soal Operasi pengurangan dan Penjumlahan.
a.       Penjumlahan
Operasinya itu sampai hitungan ratusan saja. Kalau soal cara menjumlahkannya sih gampang aja. Soalnya kalo dulu kan belajar hitungan ampe seratus itu pake alat yang namanya “Sempoa”. Kalau hitungannya Cuma sampai 20 sih masih bisa pake jari tangan sama kaki.. hehe (bongkar-bongkar rahasia pas kecil). Yang namanya menjumlahkan itu kan pasti di tambah berapa pun jumlahnya akan bertambah.
Lambang penjumlahan itu ini (+), kalo dulu saya itu menganggap lambing penjumlahan itu sebagai angka 1 dan tanda setrip.. Heu,, pasti bingung ya tanda setrip itu seperti apa..??
Tanda setrip itu ini nih,, (-).. kan kalo di gabung angka 1 dan tanda setrip itu jadi tambah,,, hehe
Lucu juga ya..??!!!
Belajar penjumlahan itu pas awal masuk ya, pake cara yang biasa . Seperti ini contohnya:
a.       1+1 = 2
b.      2+2= 4
c.       4+4= 8
d.      8+8= 16
Hehe,, jadi inget lagu anak-anak yang lagunya itu kaya gitu,,,
Lama-kelamaan saya itu diajarkan untuk menggunakan penjumlahan yang di tarik ke bawah itu loh…. Tapi, saya lupa namanya itu apa… heu!! Kita kasih nama penjumlahan menurun aja ya,,  jjhhahahah jadi kaya teka-teki silang deh,, ada yang mendatar dan menurun… Kalo yang menurun seperti ini nih bentuknya:
a.       21
20_+
41
b.       79
 98_+
177
Untuk yang (b) caranya itu sedikit berbeda, penjelasannya seperti ini:
 Nah, caranya itu : 1. Lakukan penjumlahan mulai dari belakang.
                            2. Hasil dari 9+8 = 17. Nah, angka 7 simpen di bawah
                            3. Angka 1 disimpan di atas angka 7 yang bilangan 79
                            4. Jumlahkan 1+7+9, nah hasilnya ketauan kan..??!! itu tuh jumlahnya 17
    5. Hasil penjumlahan yang barusan di simpan di depan angka 7 yang tadi ( hasil dari 9+8)
6. Dan hasil akhirnya adalah 177… hehe… Horree berhasiilll ….!!!!!
b. Pengurangan
Setelah belajar mengenai penjumlahan, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara mempelajari pengurangan. Lambang dari operasi pengurangan itu tanda setrip yang tadi, (-). Namun gak pake angka 1 ya..!!!!
Begini nih aku dulu belajar pengurangannya:
a.       2-1= 1
b.      5-2= 3
c.       6-4= 2, dan lain-lain lha,, hehe
Selanjutnya, saya juga belajar pengurangan menurun seperti penjumlahan yang tadi. Namun ada yang berbeda proses dengan penjumlahan.. yukk Kita lanjut..!!!
Contoh:
1.      20                   
  5_-
15
2.      46
19_-
27
Kita ambil penjelasan dari contoh nomor 2 saja. Penjelasannya seperti ini:
a.       6 dikurangi 9 itu kan tidak bisa, jadinya yang angka 6 itu minjem 10 dari angka puluhan yaitu 4. Jadi, sekarang kan bisa dikurangi tuh, 16 dikurangi 9 kan hasilnya 7, simpen tujuh di bawah sama dengan (=)
b.      Terus yang angka 4 itu kan nilainya 40, sudah di kurangi 10 kan,, jadi nilainya sekarang itu 30. Tulis lah di atas angka 4 itu angka 3,
c.       Untuk yang selanjutnya, operasikan 3 dikurangi 1, ingat,,!!! Angka 4 tadi kan udah dikurangi 1, jadi sekarang nilaninya itu 3… 3 dikurangi 1 hasilnya 2, simpan/tulis angka 2 itu di depan angka 7.
Heu,, Lumayan cape juga nih nulis segini,,, padahal masih pengen nulis ih,,, Di sambung besok saja ya,, dan Postingan untuk besok saya akan berbagi tentang Perkalian dan pembagian.
Tunggu lah episode Selanjutnya…. hehe



1 komentar: